https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KRITIK SOSIAL NOVEL SEPERTIGA MALAM DI MANHATTAN KARYA ARUMI E DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK | Saputri | SURYA BAHTERA

ANALISIS KRITIK SOSIAL NOVEL SEPERTIGA MALAM DI MANHATTAN KARYA ARUMI E DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK

Wijianti Saputri, Kadaryati Kadaryati, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) kritik sosial pada novel, (3) skenario pembelajarannya di kelas XII SMK. Sumber data penelitian ini adalah novel Sepertiga Malam di Manhattan karya Arumi E. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik meliputi: (a) tema: keretakan dalam rumah tangga di karenakan hadirnya orang ketiga di tengah penantian buah hati, (b) tokoh dan penokohan: Dara sebagai tokoh utama yang bersifat modis, ramah, penakut, dan pencemburu, sedangkan Brad, Keira, Vienna, Alice, Nelson Moss, Lea, Richard, Caroline Smith, Joshua Smith, dan Nourin adalah tokoh tambahan, (c) alur maju; (d) latar dibagi menjadi latar tempat di New York dan di Indonesia, latar waktu pada pagi hari, siang hari, dan malam hari, latar suasana dalam novel yakni khawatir, terkejut, dan tegang, latar sosial dalam novel yakni berasal dari keluarga kaya, (e) sudut pandang orang ketiga serba tahu, (f) amanat setiap orang sudah memiliki jalan hidup sendiri-sendiri, sudah mendapatkan rezeki masing-masing dan seorang wanita harus bisa menjaga harga dirinya; (2) kritik sosial novel Sepertiga Malam di Manhattan meliputi: (a) kritik terhadap kehidupan sosial masyarakat tradisional meliputi: kritik terhadap orang tua, kritik terhadap pola pikir lama, (b) kritik terhadap kehidupan sosial masyarakat modern meliputi: kritik terhadap pola pikir masyarakat modern, kritik terhadap seorang wanita, (c) kritik terhadap kepercayaan meliputi: kritik terhadap agama, kritik terhadap kepercayaan ketetapan Allah; (3) skenario pembelajaran di kelas XII SMK berdasarkan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan menggunakan metode kontekstual (CTL)

Kata kunci: kritik sosial, novel, skenario pembelajaran

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Laela, Rizki N.A. 2018. “Kritik Sosial Novel Kerumunan Terakhir Karya Okky Madasari dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurd, Arfian Arrosid. 2017. “Kritik Sosial dalam Album Manusia Setengah Dewa karya Iwan Fals dan Skenario Pembelajaran Sastra di Kelas X SMA”. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Tobibah Asri, Sukirno, Bagiya. 2018. “Analisis Sosiologi Sastra Novel Rahasia Batik Berdarah Karya Leikha Ha dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan Metode Two Stray di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, volume 6, No 50. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Windardi, Teguh. 2016. “Kritik Sosial dalam Novel Love in Bali karya Sunaryono Basuki dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.